Sepeda motor merupakan kendaraan
roda dua yang memerlukan daya untuk bergerak, melawan hambatan udara, gesekan
dan hambatan lain-lain. Untuk bergerak dijalan raya sepeda motor diperlukan
sebuah Mesin. Mesin adalah membangitkan tenaga. Jadi
mesin disini berfungsi merubah energi panas dari ruang pembakaran ke energi
mekanis dalam bentuk tenaga putar.
Komponen paling utama ialah
1.
Kepala silinder (cylinder head)
2.
Blok silinder mesin (cylinder block)
3.
Bak engkol (crankcase)
A. Kepala silinder (cylinder head)
Kepala silinder berfungsi sebagai penutup silinder
atas dan ruang bakar kerja motor. Bentuk ruang bakar ada yang
datar,tirus,lengkung atau gabungan dari bentuk-bentuk tersebut.
pada kepala silinder terdapat lubang katup saluran
masuk,katup saluran buang,lubang busi,lubang saluran pendingin,saluran oil dan
tempat pemasangan mekanik katup.
Gambar: kepala silinder dan komponen didalamnya
B.
Blok silinder mesin (cylinder block)
Silinder liner dan blok silinder merupakan dua
bagian yang melekat satu sama lain. Daya sebuah motor biasanya dinyatakan oleh besarnya
isi silinder suatu motor. Silinder liner terpasang erat pada blok, dan bahannya
tidak sama. Silinder liner dibuat dari bahan yang tahan terhadap gesekan dan
panas, sedangkan blok dibuat dari besi tuang yang tahan panas.
Blok silinder
merupakan tempat bergerak piston. Tempat piston berada tepat di tengah blok
silinder. Silinder liner piston ini dilapisi bahan khusus agar tidak cepat aus
akibat gesekan. Meskipun telah mendapat pelumasan yang mencukupi tetapi keausan
lubang silinder tetap tak dapat dihindari. Karenanya dalam jangka waktu yang
lama keausan tersebut pasti terjadi. Keausan lubang silinder bisa saja terjadi
secara tidak merata sehingga dapat berupa keovalan atau ketirusan.
kontruksi luar blok silinder
dibuat seperti sirip, ini untuk melepaskan panas akibat kerja mesin. Dengan
adanya sirip-sirip tersebut, akan terjadi pendinginan terhadap mesin karena
udara bisa mengalir diantara sirip-sirip. Sirip juga memperluas bidang
pendinginan, sehingga penyerapan panas lebih besar dan suhu motor tidak
terlampau tinggi dan sesuai dengan temperatur kerja.
Persyaratan silinder yang baik
adalah lobangnya bulat dan licin dari bawah ke atas, setiap dinding-dindingnya
tidak terdapat goresan yang biasanya timbul dari pegas ring, pistonnya tidak
longgar (tidak melebihi apa yang telah ditentukan), tidak retak ataupun
pecah-pecah.
Perbedaan kontruksi dan komponen kepala silinder dan blok silinder
mesin empat langkah dan mesin dua langkah.
Ket:
·
Lubang silinder adalah ruang tempat piston
bergerak.
·
Lubang pengisian (inlet port) adalah saluran
bahan bakar dari karburator menuju poros engkol dibawah piston.
·
Lubang pembilasan (transfer port) adalah tempat
masuk bahan bakar menuju ruang silinder di atas kepala piston
·
Lubang pembuangan (exhaust port) adalah lubang
atau saluran untuk membuang gas sisa atau bekas pembakaran
C. Bak engkol (crankcase)
Crankcase (bak engkol) biasanya terbuat dari aluminium die casting
dengan sedikit campuran logam. Bak engkol
fungsinya sebagai rumah dari komponen yang ada di bagian dalamnya, yaitu
komponen:
- Generator atau alternator untuk pembangkit daya
tenaga listriknya sepeda motor
- Pompa oli
- Kopling
- Poros engkol dan bantalan peluru
- Gigi persneling atau gigi transmisi
- Sebagai penampung oli pelumas
Bak engkol terletak di bawah
silinder dan biasanya merupakan bagian yang ditautkan pada rangka sepeda motor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar